Till I Die By: Jace — Julian Jacob (Jacob Bae nya @lokaIantheboyz) Aluna Melodi Jenaka (Lee Luda WJSN) — ‘Je, sampe gue mati aja. Sampe waktu yang disiapin Tuhan, gue mau ngerasain yang namanya mencintai dan dicintai orang. Sampai gue mati, tolong sayang sama gue kayak sekarang, je’- Aluna

‘Lun, gue sayang sama lo bukan cuma sampe lo kembali ke yang maha kuasa, gue sayang sama lo sampe gue dipanggil nanti,’- Julian Jacob


Aluna Melodi Jenaka, seorang gadis yang disukai orang-orang di sekitarnya. Setiap hari, ia selalu membawa senyum ke orang-orang di sekitarnya. Senyumnya menular ke orang-orang di sekitarnya. Aluna sekantor dengan Julian Jacob, tepatnya, ia duduk di cubicle yang berhadapan dengan Jacob. Orang-orang di sekitar Luna selalu bilang gadis ini memberikan kebahagiaan ketika ia berada di sekitar mereka.

Diluar pengetahuan orang-orang yang selalu dibuatnya tersenyum di kantor, Luna mengidap Glioblastoma. Sekarang sudah stadium akhir. Dokter bilang, Tuhan Cuma kasih waktu 5 tahun buat Luna untuk menyambung hidupnya. Makannya, sambil menjalani pengobatan dan terapi-terapi, Luna hidup sebagai gadis yang ceria, supaya dia nggak kepikiran terus sama umurnya yang tinggal sebentar lagi.

Sebenernya, Luna dan Jeje udah deket banget, di dalam dan di luar kantor. She has a crush on Jeje. Tapi Luna nggak mau menyakiti Jeje. Luna nggak tau Jeje juga udah sesayang itu ke Luna. Luna nggak mau Jeje tau tentang penyakitnya dan jadi kasihan sama dia. Itu sebabnya dia tetep ceria di hadapan Jeje. Jeje adalah sebagian besar alasan Aluna untuk bertahan.

Belum lama ini Luna sering sekali mengalami sakit kepala hebat, kesulitan tidur dan perubahan mood yang begitu drastis. Saking sering sakit kepala, membuat Luna acap kali menggunakan jatah cutinya untuk beristirahat. Jeje, begitu Julian Jacob akrab disapa, mulai khawatir dengan frekuensi cuti Aluna. Masalahnya dalam sebulan bisa 3-4 kali gadis kelahiran Bandung, September 1997 ini nggak masuk kerja, begitu pula hari ini. Nggak ada tanda-tanda kehadiran dari Aluna di kantor. Seusai jam kerjanya, Jeje langsung bergegas pergi ke rumah kos tempat Aluna tinggal dan betapa kagetnya pemuda ini begitu mendapati si ceria dan cerah bak matahari pagi ini terkapar lemah di kamarnya.

‘Luna,’ lirih Jeje.

‘Je, maaf ya,’ Cuma itu yang keluar dari bibir luna yang sudah kering.

‘Mas temennya Aluna?’ tanya gadis yang dari tadi nemenin luna di kamarnya.

‘iya, Luna kenapa ya?’ tanya Jeje sembari menatap si gadis itu bingung.

‘Saya Sianne, temen Luna. Jadi sebenarnya…’ Gadis berkacamata itu udah mau cerita semuanya tapi tiba-tiba tangan Luna bergerak menggenggam tangan dan menggeleng lemah.

‘Kita ke rumah sakit aja sekarang deh, saya takut Luna kenapa-kenapa,’ Jeje berinisiatif. Tangannya kini sudah menekan tombol di ponsel pintarnya untuk menghubungi ambulans.

Tak lama kemudian, suara sirine ambulans terdengar jelas dan para petugas medis memindahkan Aluna dari ranjangnya ke tandu untuk dibawa ke rumah sakit. Tadinya, Jeje mau ngikut dari belakang pakai motornya. Tapi tiba-tiba tangan lemah Aluna meraih tangan Jeje dan menggenggam tangannya. Membuat Jeje akhirnya mengikuti petugas medis yang membawa tandu Aluna ke ambulans.

‘Saya ikut ya pak. Saya teman dekatnya.’ Pinta Jeje sembari duduk di dalam ambulans dan menangkup tangan Aluna dengan kedua telapak tangannya yang hangat.

Perjalanan ke rumah sakit relatif senyap, tanpa suara apapun keluar dari mulut Jeje. Jantungnya masih berdegup cepat. Tangannya masih memegang erat tangan gadis berambut sebahu yang terbaring lemah di hadapannya. Kondisi Aluna relatif udah lebih stabil dari sebelumnya dengan bantuan obat-obatan yang masuk lewat infus dan alat bantu bernafas yang terkait ke hidungnya.

‘Je, jangan nangis,’ Aluna tersenyum lemah ketika airmata Jeje jatuh ke punggung tangannya.

Alih-alih berhenti menangis, tangis jeje makin menjadi. ‘Jantung gue mau copot liat lu tadi, Lun. Gimana gue bisa nggak nangis?’ Jeje berujar, airmata membasahi pipinya.

‘Sekarang gue udah lumayan enakan kok, jangan nangis lagi,’ gadis yang matanya masih bengkak dan sedikit berair itu tersenyum.

Setibanya di rumah sakit, Jeje diminta menunggu di ruang tunggu sementara dokter membawa Aluna ke ruang MRI dan CT-Scan untuk mengetahui lebih lanjut apa yang terjadi pada pasien perempuan yang baru saja tiba itu. Seusai pemeriksaan, Aluna dipindahkan ke ruang rawat sementara dokter menjelaskan tentang kondisi Aluna pada Jeje yang saat itu menunggu sambil berjalan mondar-mandir.

‘Bapak keluarga atau wali dari pasien Aluna Melodi Jenaka?’

‘Ya, dok. Saya sahabatnya Aluna, kebetulan saya yang ikut mengantar dia kemari,’

‘begini, …..” dokter mulai menjelaskan runut riwayat penyakit yang diderita Aluna. ‘Jadi, saat ini stadium glioblastoma yang diderita pasien Aluna sudah masuk stadium 4. Yang bisa kita lakukan hanya memberinya obat dan kemoterapi. Paling tidak, waktu yang tersisa, 4-5 tahun paling lama.’

‘Baik dok, terima kasih,’ Jeje mengangguk. Setelah dokternya pergi, Jeje naik ke kamar tempat dara pujaan hatinya dirawat dengan ganjalan berat di dadanya. Mendengar penjelasan tadi hanya membuat pemilik nama Julian Jacob itu merasa seisi dunia runtuh di atas pundaknya.

‘Lun,’ Kepala Jeje muncul dari balik pintu kamar VVIP tempat Luna dirawat.

‘Je, lu udah tau semua dari dokter kan?’ tanya Aluna sembari menatap Jeje.

‘Lun, kenapa nggak pernah ngomong ke gue soal ini?’ tanya Jeje lirih.

‘Gue nggak mau bikin orang yang gua sayang sedih,’ Luna tersenyum sembari memberi Isyarat supaya Jeje mendekat.

Jeje duduk di samping ranjang Luna sambil memegang tangan sang pujaan hatinya. ‘Maafin gue, Lun. Kalo gue tau dari dulu, Gue ga akan bikin beban pikiran lu lebih banyak,’ ujarnya sembari mencium punggung tangan Luna.

Yang dicium punggung tangannya hanya menatap pemuda nanar. ‘gue Cuma punya waktu 3 tahun, mungkin 5. Tapi kemungkinan terburuk 3,’ Ujarnya sambil membelai pipi Jeje dengan tangannya.

‘Lun, gue harus apa?’ tangis Jeje pecah.

‘Je, sampe gue mati aja. Sampe waktu yang disiapin Tuhan, gue mau ngerasain yang namanya mencintai dan dicintai orang. Sampai gue mati, tolong sayang sama gue kayak sekarang, je.’ Pinta Luna sembari menghapus airmata Jeje dengan tangannya.

‘‘Lun, gue sayang sama lo bukan cuma sampe lo kembali ke yang maha kuasa, gue sayang sama lo sampe gue dipanggil nanti,’ Jeje berujar sambil masih sesenggukan.

‘Je, Janji ya, temenin gue terus ngadepin ini semua. Dan makasih lu bawa gue ke sini. Dan lu yang ikut anterin gue,’ Luna tersenyum manis banget.

‘Gue akan terus disamping lu,’ Jeje mengecup tangan Aluna lalu membelai rambut perempuan yang saat ini tengah tersenyum maniiis banget kayak habis makan rambut nenek satu trolley.

‘𝐴𝑙𝑢𝑛𝑎, 𝑙𝑢 𝘩𝑒𝑏𝑎𝑡. 𝐿𝑢 𝑠𝑒𝑙𝑎𝑙𝑢 𝑏𝑖𝑠𝑎 𝑡𝑒𝑟𝑠𝑒𝑛𝑦𝑢𝑚 𝑒𝑣𝑒𝑛 𝑘𝑒𝑡𝑖𝑘𝑎 𝑑𝑢𝑛𝑖𝑎 𝑠𝑒𝑎𝑘𝑎𝑛-𝑎𝑘𝑎𝑛 𝑛𝑔𝑒𝑏𝑎𝑙𝑖𝑘𝑖𝑛 𝑝𝑢𝑛𝑔𝑔𝑢𝑛𝑔𝑛𝑦𝑎 𝑑𝑎𝑛 𝑛𝑖𝑛𝑔𝑔𝑎𝑙𝑖𝑛 𝑙𝑢. 𝑆𝑎𝑦𝑎𝑛𝑔𝑛𝑦𝑎 𝑔𝑢𝑒 𝑏𝑒𝑙𝑢𝑚 𝑚𝑎𝑢 𝑘𝑒𝘩𝑖𝑙𝑎𝑛𝑔𝑎𝑛 𝑙𝑢.’ Tukas Jeje dalam hati sambil membelai punggung tangan Aluna. Ia menatap mata Aluna nanar. ‘𝐺𝑢𝑒 𝑎𝑘𝑎𝑛 𝑡𝑒𝑟𝑢𝑠 𝑑𝑖 𝑠𝑖𝑛𝑖, 𝐿𝑢𝑛.’


2020/11/15: Till I Die